Meningkatkan Peluang dan Potensi Desa Melalui Pendidikan Bahasa Asing

Meningkatkan Peluang dan Potensi Desa Melalui Pendidikan Bahasa Asing

HLC News - Di era milenial seperti saat ini, bahasa inggris merupakan media komunikasi yang sangat penting untuk dikuasai. Dengan menguasai bahasa inggris akan ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengenalkan potensi-potensi desa ke ruang publik yang lebih luas. 

Dengan menyadari hal tersebut maka perlu dibentuk suatu komunitas belajar dengan memanfaatkan potensi-potensi desa sebagai media dan tema pembelajaran. Seperti yang ada pada desa Plosolor kecamatan Plosoklaten kabupaten Kediri Jawa Timur. Di desa ini terdapat suatu komunitas belajar bernama English Plosolor. 

English Plosolor ini diikuti oleh 50 peserta yang mayoritasnya adalah warga setempat. Pesertanya pun beragam, mulai dari siswa SD hingga SMA. Ada 3 tingkatan kelas yang bisa diikuti oleh peserta, yaitu tingkat dasar (basic), tingkat menengah (intermediate) dan tingkat mahir (advance). Setiap tingkatan berlangsung selama 3 bulan, dan setelah itu dilakukan ujian untuk naik ke tingkat selanjutnya. Dengan memanfaatkan hari libur siswa, kegiatan pembelajaran dilakukan pada hari minggu dan dimulai pada pukul 7 pagi setempat.

Potensi-potensi desa setempat seperti pertanian, peternakan dan sumber air menjadi menjadi media dan tema yang menarik untuk pembelajaran. Para siswa bisa mengenal kosakata-kosakata seputar pertanian, peternakan dan sumber air dalam bahasa inggris dengan berinteraksi langsung didalamnya. Metode belajar seperti ini menjadi metode yang menyenangkan bagi para siswa, sehingga para siswa tidak akan merasa bosan di tengah-tengah pembelajaran.

Adanya English Plosolor ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah desa setempat dengan lembaga kursus Hakim Learning Center Pare. English Plosolor adalah salah satu bagian dari program Hakim Learning Center dalam membangun dan memajukan desa. Dengan adanya program ini diharapkan masyarakat sekitar terbekali dengan pengetahuan bahasa inggris yang cukup untuk mengenalkan potensi-potensi desa ke ruang publik yang lebih luas.

"Harapan kami dengan adanya English Plosolor ini masyarakat sekitar dan anak-anak memiliki pengetahuan bahasa inggris yang cukup untuk mengenalkan desa mereka ke masyarakat yang lebih luas" ujar Ari Hakim, kepala Hakim Learning Center.

Bagikan: