Cara Cepat dan Tepat Belajar Bahasa Asing

#Belajar bahasa asing itu menyenangkan

Di era globalisasi seperti sekarang, kemampuan berbahasa asing memiliki peranan yang sangat penting, baik itu dalam dunia pendidikan maupun perkembangan karir. 

Berbicara tentang bahasa asing, sudah sejak kapan sih kita belajar bahasa asing? Entah itu bahasa inggris, bahasa jerman, bahasa perancis atau bahasa yang lainnya. Kalau diingat-ingat, sepertinya sih sudah sejak SD. Apalagi di zaman yang sudah modern seperti sekarang, belum sekolah pun sudah belajar bahasa Inggris. Karena memang bahasa asing yang paling umum dipelajari di Indonesia untuk saat ini adalah bahasa inggris. 

Nah kalau sudah sejak SD belajar bahasa inggris, harusnya sih sekarang kita sudah mahir berbicara bahasa inggris, sudah cas cis cus kalau kata orang. Tapi kenyataannya apakah demikian? Untuk jawabannya bisa kamu jawab sendiri-sendiri yaa, karena jawaban tiap orang pasti berbeda-beda hehehe...

Bagi kamu yang sudah belajar bahasa inggris atau bahasa asing lainnya sejak masih SD tapi sampai dewasa ini belum mahir juga, mungkin ada yang salah dengan cara belajarmu. Atau mungkin juga cara belajarmu kurang menyenangkan jadi kamu cepat bosan untuk belajar. Nah biar hal itu tidak terjadi lagi dan kamu cepat cas cis cus ngomong inggris, prancis, jerman, spanyol, jepang, mandarin dan bahasa lainnya, yuk simak cara cepat dan tepat belajar bahasa asing berikut ini. 

1. Belajar lewat novel

1. Belajar lewat novel

Boro-boro baca novel, kosakata sehari-hari aja kadang inget kadang lupa. Nah justru itu kamu harus baca novel, karena dalam satu novel biasanya banyak kosakata sehari-hari yang digunakan dan penggunaannya biasanya diulang-ulang. Dengan sering membaca novel dan tentunya dengan bantuan kamus, kamu akan menemukan banyak kosakata-kosakata baru dan lebih mudah mengingatnya. Jadi anggapan bahwa harus mahir bahasa dulu baru baca novel itu kurang tepat ya. 

Bagi kamu yang kurang suka membaca novel tak perlu khawatir, masih banyak cara lain kok. Tetap simak poin-poin selanjutnya yaa..

2. Belajar lewat lagu

2. Belajar lewat lagu

Siapa sih yang gak suka dengerin lagu, kayaknya sih hampir semuanya suka yaa. Ngomong-ngomong genre apa nih yang kamu suka? Pop, klasik, rock atau yang lain? Apapun genre yang kamu suka, kamu bisa memanfaatkan hobimu dengerin lagu ini untuk belajar bahasa asing looh. 

Caranya mudah kok, pilih lagu yang kamu suka dari bahasa yang ingin kamu pelajari, terjemahkan liriknya ke dalam bahasa Indonesia, catat kosakata-kosakata yang baru buat kamu untuk dipelajari lagi, kemudian pahami lirik lagunya. Jangan lupa sambil ditirukan dan diulang-ulang ya lagunya. Biar cepet mahir belajar bahasanya.

Melalui lagu kamu akan belajar banyak tentang bahasa, mulai dari koskata, melatih pendengaran hingga melatih pronounciation atau pengucapan. Cukup menarik bukan? Itung-itung belajar bahasa sambil melatih suara emasmu hehehe..

3. Belajar lewat film

3. Belajar lewat film

Kalian pasti pernah kebingungan saat nonton film luar yg gak ada subtitle nya. Dalam hati pasti kamu berkata "ngomong apa sih nih orang". Tenang aja kamu gk sendirian kok, soalnya aku juga pernah ngerasain hehehe...
Momen-momen seperti inilah yang seharusnya kamu manfaatkan untuk belajar bahasa, bahasa apapun itu. 

Dari film kamu akan belajar banyak tentang bahasa, mulai dari kosakata, listening, grammar, pronounciation hingga expression. Dan menariknya lagi, dari film yang kamu tonton kamu bisa belajar bahasa-bahasa gaul dari berbagai negara asal film tersebut. Tapi tergantung genrenya juga yaa.

Cara belajarnya juga gampang kok, step pertama tonton dulu filmnya sampai selesai tanpa menggunakan subtitle. Sambil menonton, perhatikan apa yang mereka bicarakan dan tebak kira-kira apa artinya. Kalau perlu kamu bisa mencatatnya di kertas. Dari sekian banyak dialog, pasti ada beberapa yang bisa kamu artikan dan pahami. Step kedua putar kembali filmnya dengan menggunakan subtitle, kemudian cocokkan catatan yang sudah kamu buat dengan subtitle yang sudah ada. Dari situ kamu akan tau seberapa banyak kosakata-kosakata dan frasa yang sudah kamu ketahui selama ini. Step selanjutnya, putar kembali filmnya tanpa menggunakan subtitle. Ingat-ingat kembali apa arti dari yang mereka katakan. Jika masih banyak yang terlewat, kamu bisa mengulang atau memutar ulang filmnya. Pengulangan memang sangat diperlukan, ini juga bertujuan untuk melatih pendengaran dan pronounciationmu. 

Belajar bahasa lewat film memang perlu banyak pengulangan dan membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi hasilnya juga tidak akan mengecewakan kok. Selamat mencoba yaa.. 

4. Belajar lewat game

4. Belajar lewat game

Siapa niiih yang suka main game? Sudah tau belum kalau kamu bisa belajar bahasa asing lewat game yang kamu mainkan? Masak sih, kok bisa? Bisa doong...
Sebenarnya sih secara tidak sadar kita sudah sering melakukannya. Kata pengantar, petunjuk permainan atau dialog-dialog dalam permainan biasanya menggunakan bahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Agar permainannya bisa berjalan mau tidak mau kamu harus mengartikan petunjuk-petunjuknya dulu. Nah disitulah kamu bisa belajar bahasa asing. Cukup mengasyikkan bukan? Menyelam sambil minum air, main game sambil belajar bahasa.

5. Belajar lewat aplikasi belajar bahasa asing

5. Belajar lewat aplikasi belajar bahasa asing

Semakin berkembangnya teknologi, belajar bahasa itu semakin mudah. Belajar bahasa tak hanya bisa dilakukan di sekolah atau tempat kursus. Hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu punya, kamu bisa belajar bahasa kapanpun dan dimanapun. Cukup dengan mendownload aplikasinya di playstore, dan ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Contoh aplikasi belajar bahasa yang bisa kamu gunakan adalah duolingo, dalam aplikasi ini kamu bisa belajar bahasa mulai dari tingkat basic hingga advance. Tidak hanya bahasa inggris, di aplikasi ini kamu juga bisa belajar bahasa yang lainnya, seperti bahasa Perancis, Jerman, Spanyol, Jepang Mandarin, Korea dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, di aplikasi ini juga ada fitur yang memungkinkan untuk chating group dengan orang-orang dari negara lain yang sedang sama-sama belajar. Menarik bukan? Belajar sambil memperbanyak teman dan koneksi. 
BTW ini bukan endorse duolingo yaa.. hehe.. ini hanya sekedar sharing pengalaman pribadi saja.

6. Sering berinteraksi dengan bule

6. Sering berinteraksi dengan bule

Seru juga nih kalau bisa sering-sering ngobrol sama bule.. hehe
By the way untuk bisa ngobrol dengan bule kamu gak perlu jauh-jauh pergi ke Bali atau Yogyakarta dulu yaa. Sekarang sudah banyak aplikasi di playstore yang bisa menghubungkan kamu dengan orang-orang di negara lain dan ngobrol dengan mereka. Salah satunya adalah aplikasi yang sudah disebutkan di poin sebelumnya. 

Sering berbicara dengan bule atau native speaker akan berdampak positif dalam melatih pendengaran dan pronounciationmu. Tentunya hal ini juga akan mempercepat proses belajarmu agar dapat berbicara seperti native speaker.

Bagi kamu yang grammar atau pronounciationnya belum bagus tak perlu minder untuk ngobrol sama bule, karena sebagian besar dari mereka tidak terlalu memusingkan hal itu. Bagi kamu yang tingkatan belajar bahasanya masih basic, bisa dibantu menggunakan bahasa insyarat dulu yaa, pokoknya yang penting PD aja dulu deh.. hehehe. Karena rasa percaya diri juga berpengaruh pada kelancaran berbicara looh. 

7. Sering digunakan dalam kehidupan sehari hari

7. Sering digunakan dalam kehidupan sehari hari

Dari sekian banyak cara yang sudah kamu lakukan dan ilmu yang kamu dapatkan, akan percuma jika tidak kamu gunakan atau praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kunci sukses dalam belajar bahasa adalah sering-sering dalam menggunakannya. 

Banyak cara agar bahasa yang sudah kamu kuasai bisa terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang ada di smartphonemu untuk berbicara dengan native speaker. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkannya dengan menjadi guru les bahasa, penerjemah, blogger dan vlogger. Atau cara-cara lain yang bisa kamu sesuaikan dengan hobi dan bakatmu. Ada banyak jalan menuju Roma.

Nah itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa dengan cepat, tepat dan menyenangkan. Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa cara yang sesuai dengan passionmu untuk dipraktekkan secara otodidak, hitung-hitung hemat biaya kursus.. hehehe

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi penulis, jika ada hal yang kurang berkenan baik dari segi konten maupun penulisan mohon dimaklumi. Dan jika ada cara lain yang menurutmu bagus dan perlu dibagikan kamu bisa membagikannya melalui kolom komentar, agar kita bisa sama-sama belajar. 

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. 

Bagikan: